Perang Plocnik: Pertempuran Antara Turki Usmani Dengan Serbia

Perang Plocnik: Pertempuran Antara Turki Usmani Dengan Serbia
Pertempuran Plocnik adalah perang yang melibatkan pihak Turki Usmani dengan Serbia pada tahun 1387, di pertempuran kali ini Serbia dipimpin oleh seorang Pangerannya yang bernama Lazar Hrebeljanovic yang ingin membalaskan dendamnya akibat kematian Raja Serbia Vukasin Mrnjacevic. Ketika pasukan Turki Usmani sedang melakukan perjalanan menuju kawasan Anatolia, diperjalnan mereka disambut oleh pasukan Serbia yang sudah mengintainya.

Sebelumnya, pada tanggal 27 September 1371 Kerajaan Serbia yang beraliansi dengan Bulgaria kalah dari Turki Usmani di peperangan Maritsa, kala itu pasukan Turki Usmani dipimpin oleh Lala Sahin Pasha yang selaku guru dari Sultan Murad I dan sebagai pimpinan pasukan kelompok kecil yang bergerak dari Turki Usmani menuju ke kawasan tengah Anatolia.

Latar Belakang Terjadinya Peperangan Plocnik Tahun 1387

  1. Serbia balas dendam atas kematian Rajanya Vukasin Mrnjacevic.
  2. Pangeran Serbia ingin mendapatkan kembali wilayah Serbia
  3. Serbia ingin memukul mundur Turki Usmani dari kawasan Serbia
  4. Menghambat pergerakan Turki Usmani menuju kawasan tengah Anatolia
  5. Pangeran Lazar Hrebeljanovic ingin menunjukkan bahwa Kerajaan Serbia belum hilang

Lazar Hrebeljanovic merupakan pangeran Serbia yang memimpin pemberontakan untuk menyerang Turki Usmani, ia mengetahui adanya pergerakan pasukan Turki Usmani menuju ke kawasan Anatolia. Ketika pasukan Turki Usmani dalam jumlah kecil di bawah pimpinan Lala Sahin Pasha sedang melewati bekas kerajaan Serbia tersebut, mereka diserang oleh para pemberontak di bawah pimpinan pangeran Serbia. Serangan tersebut berhasil membuat Turki Usmani keluar dari kawasan Serbia dan membuat pangeran Lazar Hrebeljanovic mempunyai ruang membentuk aliansi dengan kerajaan-kerajaan tetangga. Bukan hanya itu, Lazar Hrebeljanovic juga membuat batas wilayah baru yang dua kali lebih luas dari Kerajaan Serbia sebelumnya dengan kata lain ia dapat mendominasi peperangan.Setelah ia membangun aliansi dengan beberapa kerajaan di sekitarnya, dengan dibentuknya aliansi dan membuat batas wilayah baru, maka ia secara sengaja mengundang peperangan dengan Turki Usmani yang ketika itu dipimpin oleh Sultan Murad I Hudavendigar. Nantinya peperangan tersebut bernama perang Kosovo yang terjadi pada tahun 1389.