5 Dampak Negatif Main Game Online Menurut Para Ahli

Dampak Negatif Main Game Online Menurut Para Ahli - Bermain Game Online bisa melalui gadget, apalagi zaman sekarang sudah modern hampir seluruh orang mempunyai smartphone, sehingga keinginan seseorang untuk bermain game online sangatlah besar. Namun, game online memiliki dampak negatif yang cukup berbahaya, berdasarkan penelitian para ahli terkemuka yang ahli di bidang ini menunjukkan bermain game online secara berlebihan akan memberikan dampak negatif bagi tubuh dan otak kita.

Bermain game online secara tidak langsung akan memberikan dampak negatif bagi diri kita, walaupun ada yang berpendaoat dengan bermain game online kita bisa berinteraksi dan berkomunikasi dengan bahasa asing. Namun, tetap saja game online memiliki banyak dampak negatif.

Membelikan anak gadget untuk bermain game online mungkin diwajarkan, akan tetapi butuh pengawasan khusus ketika memperbolehkan anak bermain game online. Karena Game online yang berlebihan tidaklah baik bagi kehidupan anak. Bukan hanya itu, jika pencahayaan ketika bermain game online tidak bagus, maka akan berdampak negatif bagi anak.

Dampak Negatif Main Game Online Menurut Para Ahli

Hampir setiap anak di zaman modern ini sehabis pulang sekolah biasanya bermain game online, ketika ditanya mengapa bermain game online mereka memiliki alasan berbeda-beda, ada yang menjawab karena bosan, sebagai hiburan, dan lain-lain. Namun, yang perlu diwaspadai adalah dampak negatif dari game online tersebut, apalagi bila sudah kecanduan maka sangat berbahaya. Simaklah pembahasan berikut ini mengenai 5 Dampak Negatif Main Game Online Menurut Para Ahli.

1.Merusak Mata (Penghlihatan Terganggu)

Mata adalah salah satu panca indra terpenting yang ada di tubuh kita, apabila mata tertanggu maka kehidupan kita juga tidak nyaman, mungkin memang alat bantu sebagai alternatif lain seperti kacamata, akan tetapi bagi yang tidak terbiasa akan risih dan tidak menyenangkan.

Bermain game online secara berlebihan tentu saja akan merusak mata, apalagi apabila kita perhatikan banyak sekali orang yang mengisi waktu liburnya untuk bermain game seharian, tentu saja itu tidak baik bagi kesehatan mata mereka.

Berdasarkan teori yang dikemukakan oleh Godley BF tentang laporan yang berjudul "Blue Light Menginduksikan Kerusakan DNA Monokondria dan Produksi Radikal Bebas di Epitel" menjelaskan bahwa paparan sinar biru dari gadget secara berlebihan akan merusak mata. Nah, bagi kalian yang masih atau sering bermain game online perhatikanlah waktu bermain game sehingga tidak merusak mata kalian.

2.Kecanduan Game Online

Dari beberapa dampak negatif bermain game online, 'kecanduan bermain game online' sangat berdampak buruk, ketika kita sudah kecanduan game online pasti mau tidak mau akan mengisi waktu luang dengan bermain game online tersebut yang menjadikan kita lupa waktu. Ketika sudah kecanduan game online kita akan menggunakan hampir seluruh waktu kita untuk bermain game menyelesaikan event/misi yang ada untuk menjadi yang terhebat. Para ahli psikologis mengemukakan bahwa saat kita belum puas dengan pencapaian tersebut maka kita pasti akan bermain dan terus bermain, hal seperti inilah berbahaya dan harus dihindari.

3. Tidak Mood Beraktifitas

Jika sudah bermain game online dan akan beraktifitas di dunia nyata, maka tingkat produktifitas tubuh kita menurun dikarenakan otak dan mata tidak fresh. Ibarat kita mengecas smartphone sampai penuh lalu bermain game, daya baterai smartphone itu akan berkurang, mungkin tadinya bisa digunakan sampai sore hari, siang harinya sudah low battery. Analogi seperti itulah yang cocok dengan tubuh kita, ketika sudah bermain game online dan akan beraktifitas maka mood untuk melakukan aktifitas akan berkurang dan tubuh akan lemas.

4. Menurunnya Kecerdasan Otak

Bermain game online selain memiliki dampak-dampak negatif di atas, bermain game online juga bisa menurunkan kecerdasan otak. Ada yang berpendapat bahwa dengan bermain game online kita akan jago berbahasa asing dan cerdas. Nyatanya pendapat tersebut tidak dibenarkan oleh para ahli, ketika kita bermain game online maka otak akan meresponnya dengan meng-save ingatan sebuah peristiwa yang terjadi di game tersebut. Akibat hal itu otak cukup sulit untuk memasukkan ingatan-ingatan lain dikarenakan tingkat kefokusan otak tidak maksimal.

Jika bermain game online juga harus diimbangi dengan kegiatan belajar, apalagi bagi anak yang masih duduk di bangku sekolah, kalau waktu belajarnya digantikan dengan bermain game maka tingkat kecerdasan otak bisa menurun akibat tidak diasah.

5. Tidak Ingat Waktu

Bermain game online akan menyebabkan efek kencanduan, dari kecanduan game online itu akan mengakibatkan kita lupa akan waktu. Ini menjadi dampak negatifri game online yang paling berbahaya. Apalagi ketika sudah bermain game online bersama dengan teman-teman maka bisa saja bermain dari sore hingga larut malam.

Dari penjelasan di atas dapat kita simpulkan bahwa bermain game online lebih banyak atau dominan dampak negatif-nya.  Kalau kalian ingin meninggalkan kebiasaan bermain game online ada baiknya untuk mengurangi bermain game online terlebih dahulu. Mulailah hanya bermain game pada hari sabtu atau minggu saja, nantinya akan menjadi kebiasaan dan kalian akan terbiasa dengan tidak bermain game online.