Metode Belajar Yang Tepat & Efisien Untuk Anak SMA

IlmuEdukasi.com - Belajar adalah kegiatan untuk mencari atau menuntut ilmu, ketika menginjak bangku SMA waktu belajar terpotong dengan waktu tugas, meskipun begitu kita dapat membagi waktu belajar yang baik dan benar bagi anak sma berdasarkan teori para ahli. Disela disibukan dengan adanya tugas, waktu belajar banyak terpotong apalagi dengan sistem Kurikulum 2013 yang mengharuskan siswa-siswi untuk sekolah full day school, sedikit waktu untuk belajar di rumah. Dengan membagi waktu secara efisien dan disiplin pelajar sma bisa belajar dengan fokus dan giat, masalahnya bagaimana cara mengatur waktu belajar bagi anak sma? Cukup mudah,metode belajar pertama yaitu membatasi penggunaan gadget ketika akan belajar, karena hal tersebut akan menguras waktu pelajar apalagi dengan chating hal-hal yang tidak penting.

Cara Supaya Belajar Menjadi Fokus dan Tekun!

Pelajar SMA haruslah belajar dengan fokus dan tekun, karena jika tidak bisa fokus dengan waktu belajarnya maka pelajaran tidak dapat masuk ke otak dan sia-sia, begitupun dengan ketekunan pelajar, kalau kita belajar secara tidak teratur dan tidak disipin, daya ingat otak dengan pelajaran itu juga kurang baik. Jadi dibutuhkan metode belajar yang tepat supaya bisa fokus dalam belajar, simak metode belajar berikut ini.


1. Carilah Tempat atau Ruangan Untuk Belajar Dengan Nyaman

Ya bagi teman-teman yang menduduki bangku sma pasti dihadapi dengan tugas-tugas oleh guru baik berupa tugas indivitu ataupun kelompok. Akan tetapi tugas saja tidaklah cukup jika ingin meraih prestasi yang baik di sekolah. Kita juga harus belajar untuk mengejar pelajaran yang mungkin kita tidak paham atau tertinggal di salah satu mata pelajaran.

Nah, waktu belajar yang baik saja masih kurang untuk bisa belajar dengan fokus, kita membutuhkan yang namanya sebuah ruangan khusus untuk belajar, ruangan yang dimaksud bukanlah ruang yang berisi ratusan buku, bukan, tempat belajar yang dimaksud merupakan tempat yang agak sunyi dan nyaman untuk kita belajar. 

Carilah ruangan yang menurut kalian tempat yang nyaman yang ada di rumah kalian, eitss bukan kamar mandi ya:). Jadi, sediakanlah ruang untuk belajar di rumah kita. Apabila tidak ada, maka ruang tamu atau kamar tidur juga bisa dijadikan tempat untuk belajar. Jangan lupa untuk pastikan pencahayaan  di ruangan itu ya, karena jika pencahayaan tidak baik maka akan merusak mata.

2. Tentukan Waktu Belajar Yang Cocok

Bagaimana kita bisa fokus ke pelajaran kalau waktu belajarnya bukan waktu yang kita inginkan, hal itulah yang harus diubah. Jika kita pulang sekolah ketika sore hari, maka malam harinya bisa kita jadikan untuk belajar. 
  • Tapi kan banyak tugas..
  • Cape mau istirahat aja
  • Santailah, besok-besok kan bisa..
  • Wih ada film bagus, mau nonton tv aja deh
  • Ntarlah chatingan dulu
Pernyataan-pernyataan di atas sering kita alami, mengeluh setelah aktivitas sekolah sehingga tidak sempat membagi waktu belajar di rumah. Lalu bagaimana solusinya? Solusinya adalah membagi waktu untuk istirahat dan belajar. Sebelum kita tidur ada baiknya kita membaca, mengulas, atau menghafal pelajaran. Apabila memang tidak sempat, dengan sistem full day school ini kita bisa menjadikan hari sabtu setidaknya 2 jam dari 24 jam yang ada untuk mengulas pelajaran dengan catatan ketika sudah belajar selama 15 menit selingi dengan istirahat.

Waktu belajar yang baik merupakan waktu yang tenang dan tidak ada suara-suara kegaduhan (keributan) disekitar kita. Dari pernyataan itu bisa disimpulkan waktu tersebut di antaranya: Waktu Malam dan Waktu menjelang Subuh (jam lima pagi). Akan tetapi, waktu malam tidak dianjurkan untuk belajar karena dapat menggangu jam istirahat yang membuat kita tidak produktif. Orang-orang cerdas di Dunia selalu bangun sebelum pukul 5 pagi untuk melakukan latihan di bidangnya masing-masing pada waktu tersebut. 

3. Ulangi Kegiatan Belajar Di Hari Berikutnya

Kunci menjadi sukses adalah tekun. Bakat hanyalah satu persen untuk kesuksesan dan usaha adalah 99 persen kunci keberhasilan. Kita ambil contoh hari ini belajar pada pukul empat pagi, maka usahakan pada hari esok belajar pada jam yang sama. Dengan tekun pelajaran yang tadinya tidak bisa sama sekali pasti akan bisa bahkan bisa menguasai pelajaran tersebut.

Gunakanlah waktu sepulang sekolah untuk mengerjakan tugas-tugas yang ada, waktu malam untuk tidur, dan waktu subuh untuk belajar. Lakukanlah kegiatan itu minimal 3 hari saja, maka nanti akan terbiasa. Tentunya untuk memulai hal tersebut dibutuhkan pembagian waktu yang ketat, yang utama pastikan kita cukup istirahat di malam harinya.

Hal Yang Harus Dihindari Ketika Akan Belajar!

Ketika sudah menentukan waktu belajar di hari tersebut, pada saat pulang dari sekolah perhatikanlah atau batasilah penggunaan gadget, khususnya smartphone. Dengan menghidupkan jaringan di handphone dan menerima puluhan bahkan ratusan pesan masuk (chat) otak menjadi sulit untuk fokus dan belajar menjadi tidak efisien. Metode belajar yang baik harus diawali dengan kebiasaan yang baik juga, untuk itu hindarilah menunda-nunda waktu belajar dan batasilah penggunaan smarphone.